HEADLINE
 

Qanun Hukum Jinayat Berlaku Bagi Semua Orang di Aceh
BANDA ACEH - Penerapan Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara Jinayat, yaitu sanksi hukum bagi para pelaku pelanggaran...

++Selengkapnya
>> index
CAKRADONYA
 

Sambut HUT ke- 809, Pemko Berikan Banda Aceh Madani Award
BANDA ACEH – Pada 22 April 2014 mendatang, Banda Aceh genap berusia 809 tahun. Usia yang tergolong cukup tua untuk...

++Selengkapnya
>> index
MALIKUSSALEH
 

Lanal Didesak Basmi Pukat Harimau
LHOKSEUMAWE- Aparat Lanal Lhokseumawe yang selama ini berhasil menangkap kapal asing yang masuk ke perairan Aceh juga didesak menangani maraknya pemakaian...

++Selengkapnya
>> index
NAGGROE
 

Pengiriman Nilai Ujian Sekolah Lebih Awal Dibantah
TAPAKTUAN-Sejak sepekan terakhir suasana heboh menyelimuti dunia pendidikan Aceh Selatan. Kalangan masyarakat menuding pihak dinas mengirim nilai Ujian Sekolah (US)...

++Selengkapnya
>> index
NASIONAL
 

Polri Biayai Makan 54 ABK Thailand
Meulaboh - Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat lakukan patungan uang untuk menutupi pembiayaan komsumsi bagi 54 Anak Buah Kapal (ABK) Thailand...

++Selengkapnya
>> index
DO YOU KNOW?
 
>> index
"Orang mukmin itu pemimpin atas dirinya. Sesungguhnya ringanlah hisab atas suatu kaum yang menghisab dirinya di dunia.Dan sesungguhnya sukarlah hisab pada hari kiamat atas suatu kaum yang mengambil persoalan ini tanpa hisab" (Hasan Al Bashri)   Insya Allah jikalau hidup kita penuh manfaat dengan tulus ikhlas, maka kebahagiaan dalam bergaul dengan siapapun akan terasa nikmat, karena tidak mengharapkan sesuatu dari orang lain melainkan kenikmatan kita adalah melakukan sesuatu untuk orang lain (AA Gym)     
 ARSIP  REDAKSI   PROFIL  BUKU TAMU  KONTAK  HOME  ePAPER 
Rakyat Aceh Online : Berita Utama - Tuntut KIP Aceh Selatan Dibekukan
  Alaram Demo Kantor KIP
Sabtu, 5 Januari 2013 | 10:51
Tuntut KIP Aceh Selatan Dibekukan

Banda Aceh-Massa Aliansi Rakyat Aceh Selatan Meudaulat (Alaram) Jumat (4/1) pagi, menggelar aksi unjukrasa di kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, kawasan Jalan Teuku Nyak Arief di Kompleks Gedung Arsip, Banda Aceh.Aksi dilakukan 50-an pengunjukrasa ini menuntut KIP Aceh dan KPU Pusat membekukan KIP Aceh Selatan karena lembaga penyelenggara Pilkada tersebut dianggap berlaku curang. Pasalnya, penyelenggara meloloskan calon diduga berijazah palsu yaitu pasangan M Natsir dan Zulkifli. Pasangan itu diusung Partai Aceh.
Bukan hanya itu, massa juga menilai keputusan KIP Aceh Selatan terhadap proses pencalonan bupati dari Partai Aceh tersebut tidak memenuhi syarat karena hanya ditandatangani dua komisioner.

“Seharusnya, surat keputusan penetapan ditandatangani tiga orang anggota dari lima komisioner KIP,” tegas koordinator aksi Syahriar.Dalam kesempatan itu, massa meminta KIP Aceh dan KPU Pusat turun tangan untuk menyelesaikan persoalan ijazah palsu dan juga menuntut untuk memecat oknum penyelenggara Pilkada Aceh Selatan yang terlibat dalam proses pencalonan bupati.”Kita mendesak KIP Aceh Selatan dibekukan karena sarat dengan konspirasi,” tegas Syahriar.

Lebih lanjut, pihaknya dari berbagai elemen masyarakat Aceh Selatan termasuk pengurus dewan pimpinan wilayah dan kader Partai Aceh serta pengurus Komite Peralihan Aceh (KPA), mendesak KIP Aceh membatalkan keputusan KIP Aceh Selatan atas penetapan pasangan M Natsir – Zulkifli sebagai calon bupati Aceh Selatan dari PA.
Setelah kurang lebih satu jam melakukan orasi, Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh bersama sejumlah komisioner akhirnya menemui para pengunjukrasa, namun dalam kesempatan tersebut, Ketua KIP Aceh menyampaikan tuntutan para pengunjukrasa salah alamat.

Persoalan tahapan Pilkada didaerah seperti proses penetapan calon oleh KIP Kabupaten/kota maupun indikasi tentang ijazah bukan kewenangan KIP Aceh, melainkan kewenangan penyelenggara di daerah masing – masing. “Kita hanya mengurusi tingkat provinsi dan beberapa waktu lalu kita sudah selesai melaksanakan proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur,”ujarnya.
Abdul Salam menegaskan, terkait persoalan pemilihan bupati, itu menjadi kewenangan KIP Kabupaten/kota, namun begitu pihaknya menyatan siap menampung aspirasi para pengunjukrasa untuk kemudian mereka sampaikan kepada KIP Aceh Selatan.

“Kita tidak bisa ambil sikap karena itu bukan kewenangan kita, bila memang ada bukti pasangan calon menggunakan ijazah palsu silahkan laporkan kepada aparat kepolisian karena itu ranah mereka,”imbuhnya.
Lebih lanjut dia melanjutkan bahwa jika memang penyelenggara nantinya terbukti melanggar kode etik karena meloloskan pasangan berijazah palsu, maka akan dikenakan sanksi hukum dan akan diberhentikan setelah ada keputusan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)."Kalau KIP Aceh Selatan ternyata terbukti bersalah, maka tunggu saja sanksinya" tegasnya. (*).




 
Cetak Berita Ini Berikan Tanggapan Kirim ke teman
  Baca Juga:
  Korban Kebakaran Desa Nampaan Sudah Jatuh Tertimpa Tangga
  Pelayanan Kesehatan Gratis Sentuh 4,8 Juta Penduduk
  Cuaca Buruk, Panglima Laot Warning Nelayan
  Melongok Gemerlap Kaum Lesbian di Kota Tua Antara Butchy dan Femme, Mereka Cari Sandaran Hidup
  Tuna Netra Pilih Netra Golput

 


  Lokakarya Jurnalis Nasional Black Campaign Menghimpit Minyak Sawit
Persaingan minyak nabati begitu ketat di pasaran global. Alhasil,...
 
>> index
JENAYAH
  Ratusan Orang Meninggal Akibat Lakalantas
BANDA ACEH - Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas setiap tahun...
 
>> index
INTERNASIONAL
  MK Turki Cabut Pemblokiran Twitter
ISTAMBUL - Mahkamah Konstitusi Turki melakukan pencabutan pemblokiran media sosia Twitter....
 
>> index
HOTLINE  

061-7883059

OBIS
  Paramitha: Dahlan Iskan jadi Presiden, Indonesia Lebih Baik
...
 
 Sebelumnya
 
  Dian Sastro Semangat Langsingkan Diri demi Suami
  Kembali Alami Keguguran
  Batal Kawin Karena Video Bugil
 
OLAHRAGA ACEH
  Penonton Setia NBL Kini Tak Perlu Antri Tiket
JAKARTA - Penonton setia Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2013-2014...
 
>> index
Pemanfaatan naskah sebahagian/seluruhnya dari website ini, mohon mencantumkan kode url http://rakyataceh.com

Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan :
BANDA ACEH: DR. Mr. H. Muhammad Hasan, SP Batoh Banda Aceh, Tlp (0651) 35478

LHOKSEUMAWE: Jl. Baiturrahim No. 15 Tlp. (0645) 42538 Lancang Garam Lhokseumawe.


IP Anda: 54.83.133.189
| Lokasi: Tak dikenal- | Online: 15 User
Copyright © 2005 by